Posted by: Riestechindo | May 1, 2010

Perbedaan Hosting dengan Domain

Perbedaan antara Hosting dengan Domain

Bagi anda yang sudah berkecimpung lama dalam dunia internet pasti tidak akan sulit membedakan antara domain dengan hosting. Namun, bagi anda yang masih bingung beda domain dengan hosting seperti saya ini, maka penjelasan berikut mungkin bisa mengobati keingin tahuan anda, selain menjadi catatan saya agar tidak bingung lagi membedakan antara hosting dengan domain.

Apa yang dimaksud dengan domain ? Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “masipan.web.id” akan lebih mudah diingat daripada 127.0.9878.09993 misalnya. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat blog/website.

Apa itu hosting ?

Hosting adalah lokasi anda menempatkan file – file pendukung blog/website. Atau jika dijelaskan lebih spesifik, hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi. Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu :

1. Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama – sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain.

2. VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.

3. Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

4. Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama.

About these ads

Responses

  1. oh ternyata kalau sudah tahu jadi mudah ya memahaminya

    • iya mas.. asal belajar pasti bisa,,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: